BADAN KEPEGAWAIAN, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KABUPATEN BENGKALIS

Bengkalis, Riau, Indonesia. 28751
  24 April 2020 | DIBACA : 662 KALI

Penyemprotan Disinfektan Sebagai Upaya Mencegah Penyebaran Covid-19

 UPT Pengembangan SDM | Id

BKPP - Gedung Unit Pelaksana Teknis Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia (UPT.BPSDM) Badan Kepegawaian, Pendidikan dan pelatihan Kabupaten Bengkalis yang terletak di Jalan Kelapapati Darat Bengkalis merupakan salah satu tempat dikumpulkannya Tenaga Kerja Indonesia yang kembali ke Bengkalis dari negara jiran Malaysia pada bulan Maret 2020 yang lalu. Sebelum kembali kerumah dan berkumpul bersama keluarga mereka diminta terlebih dahulu untuk diisolasi dalam upaya mencegah penyebaran  Corona Virus Disease 2019  (Covid-19) yang beberapa bulan belakangan ini menggemparkan dunia.

“Warga karantina” yang berjumlah lebih dari 100 orang tersebut ditempatkan di kamar-kamar asrama dan ruang belajar selama lebih kurang 5 hari sebelum pemerintah Kabupaten Bengkalis meminta mereka untuk melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing. Selama berada di UPT. BPSDM, segala kebutuhan mereka ditanggulangi oleh Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Tim Gugus Penanganan Covid-19 Kabupaten Bengkalis seperti makan dan minum, kebutuhan untuk mandi dan mencuci, serta diberikan alat olah raga untuk mengisi waktu mereka. “Kita hanya bertugas menyediakan tempat” uangkap Kepala UPT. BPSDM-BKPP Kab. Bengkalis saat diwawancarai.

Mantan Fungsional Widyaiswara ini menjelaskan berkenaan dengan telah digunakannya segala fasilitas di UPT. BPSDM ini untuk isolasi sebagaimana yang diungkapkan di ataspada esok harinya setelah mereka dipulangkan, tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis langsung melakukan penyemprotan disinfektan. “Hal ini tentunya sebagai upaya mencegah penyebaran virus yang menakutkan tersebut, khawatir terbawa oleh warga yang menginap di tempat ini” ungkap Kepala UPT BPSDM. Kemudian beliau menambahkan ‘alhamdulillah selama warga karantina berada di UPT BPSDM, tim medis secara rutin melakukan pemantauan dan tidak menemukan adanya gejala orang yang terpapar Covid-19 sampai mereka dipulangkan kerumah masing-masing. Dan kita berharap dan berdoa semoga mereka yang diisolasi di tempat ini tidak ada yang positif terinfeksi virus tersebut”.

Selain itu, untuk mengurangi kekhawatiran, UPT. BPSDM juga telah melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri keseluruh ruangan mulai dari kamar tidur, kamar mandi, Mushalla, dan setiap tempat yang sempat menjadi akses warga karantina tersebut.” Benar!, saya sendiri bersama teman-teman melakukan penyemprotan ulang. Sebagian besar dari jumlah kasur, bantal yang ada sudah kita jemur untuk disterilkan kembali demi keselamatan dan kenyamanan pegawai kita, pihak luar yang menyewa dan upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19”, semoga wabah ini segera berakhir dan kita selalu dalam lindungan Yang Maha Kuasa” tutup Kepala UPT BPSDM BKPP Kab. Bengkalis.***