BADAN KEPEGAWAIAN, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KABUPATEN BENGKALIS

Bengkalis, Riau, Indonesia. 28751
  22 April 2020 | DIBACA : 112.835 KALI

Aplikasi My SAPK BKN : Fitur dan Penggunaannya

 Artikel | Id

Di zaman modern saat ini dengan teknologi yang canggih, hampir semuanya berupa digital untuk memudahkan masyarakat luas. Hampir semua orang saat ini mempunyai smartphone atau ponsel pintar untuk memudahkan aktivitas sehari-hari. Seperti halnya untuk pemerintahan di Indonesia, saat ini menggunakan teknologi digital seperti website dan lainnya.

Namun banyak kekurangan yang dimiliki website yang membuat penggunaannya tidak maksimal, sering terjadi pemeliharaan, gangguan dan lain sebagainya. Untuk itulah pemerintah BKN saat ini telah menciptakan sebuah aplikasi untuk memudahkan para pegawai negeri bernama My SAPK BKN.

Pengertian My SAPK BKN

My SAPK BKN merupakan aplikasi milik Badan Kepegawaian Negara yang bertujuan untuk memudahkan PNS dalam mendapatkan pelayanan kepegawaian dengan aplikasi berbasis android yang mudah dalam penggunaannya.

Secara keseluruhan My SAPK merupakan sebuah sistem aplikasi pelayanan kepegawaian BKN untuk memudahkan kegiatan administrasi para PNS seperti penginputan gaji, PNS, dan lain sebagainya. Aplikasi ini juga sudah bisa di download di play store.

Fitur My SAPK BKN

Sebagai salah satu aplikasi untuk memudahkan pelayanan kepegawaian di BKN, tentu ada banyak fitur di dalamnya. Berikut beberapa fitur yang ada di dalam My SAPK BKN:

  • Profil PNS : merupakan sebuah fitur yang di dalamnya berisi data utama pegawai, posisi, jabatan dan golongan. Fitur ini berisi tentang identitas pribadi mengenai pegawai PNS tersebut secara garis besar.
  • Ubah Data : Fitur ini bermanfaat agar ASN atau pegawai bisa mengubah data yang ada di dalam database Nasional BKN seperti nomor telepon, alamat email, BPJS, NPWP, nomor Handphone, alamat rumah dan lain sebagainya.
  • My KPE : My KPE atau Kartu Pegawai Elektronik di dalam aplikasi ini merupakan versi virtual. Sekarang ASN atau pegawai tidak perlu lagi mencetak Kartu Pegawai Elektronik, Anda hanya perlu menggunakan KPE Virtual yang bisa di download dan dicetak untuk keperluan administrasi kepegawaian seperti Bapertarum, BPJS Kesehatan dan PT. Taspen.
  • Otentifikasi SK : Fitur Otentifikasi SK merupakan fitur yang berisi mengenai Surat Keputusan yang telah dikeluarkan oleh SAPK.
  • Pelacakan : Fitur pelacakan ini digunakan oleh ASN untuk mengetahui sejauh mana proses kepegawaian yang dimilikinya. Fitur ini sangat penting untuk para ASN atau pegawai.
  • Personalisasi : Personalisasi merupakan salah satu fitur di dalam aplikasi My SAPK BKN yang berfungsi untuk mengganti password di aplikasi My SAPK BKN.

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Login My SAPK BKN

Dikarenakan aplikasi My SAPK BKN dikhususkan untuk ASN atau pegawai, tentu ada cara tersendiri saat login, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat login ke My SAPK BKN.

  • Setelah menginstall aplikasi My SAPK BKN, buka aplikasinya untuk masuk atau login dengan klik SIGN IN.
  • Setelah itu akan muncul tulisan untuk memasukkan Username dan Password. Silahkan isi Username menggunakan NIP dan password diisi menggunakan NIK.
  • Jangan lupa periksa informasi pribadi milik Anda seperti  data utama, golongan, jabatan, posisi, pangkat dan lain sebagainya. Jika di dalam informasi tersebut terdapat beberapa hal yang tidak pas atau sesuai harap hubungi BKN masing-masing atau pengelola kepegawaian instansi.
  • Setelah itu cek sajian Update Data, isi data yang dibutuhkan di dalam aplikasi tersebut guna menyempurnakan atau menambah beberapa informasi milik Anda.
  • Untuk Anda yang sedang mengajukan kenaikan pangkat, jangan lupa membaca fitur notifikasi untuk melacak proses kenaikan pangkat yang Anda ajukan.
  • Jangan lupa cek sajian lainnya dan lengkapi data yang masih kurang semaksimal mungkin.

Manfaat Aplikasi My SAPK BKN

Banyak sekali manfaat yang dimiliki aplikasi My SAPK BKN ini untuk para ASN dan BKN. Tidak heran jika aplikasi ini banyak di download dan diinstall oleh para ASN di Indonesia. Berikut beberapa manfaat dari My SAPK BKN.

  • Memudahkan ASN dalam menyimpan data atau informasi.
  • Memudahkan ASN menyampaikan informasi pribadi atau data diri langsung ke database BKN.
  • Membuat ASN mudah dalam mengubah beberapa informasi dengan lebih cepat.
  • Memudahkan permasalahan administrasi ketenagakerjaan milik para ASN Indonesia.
  • Memudahkan ASN dalam mengecek kepegawaian-nya di BKN
  • Memudahkan BKN dalam memperbarui informasi dan data milik ASN atau pegawai.

Dengan adanya My SAPK BKN diharapkan proses administrasi ASN atau BKN mengalami kemudahan baik untuk ASN itu sendiri atau untuk BKN. Untuk itu pihak BKN saat ini sedang gencar-gencarnya melakukan sosialisasi mengenai aplikasi BKN yang sangat bermanfaat dan membantu ini.

Untuk Anda yang berposisi sebagai ASN atau pegawai, jangan lupa untuk mendownload aplikasi ini pada link [Google Play: My SAPK] agar proses administrasi bisa berjalan dan berlangsung dengan mudah, akurat dan cepat. Cara menggunakan aplikasi ini juga sangat mudah dan praktis. Semoga informasi tersebut diatas dapat bermanfaat untuk Anda semua. (id) - bkn.go.id