BADAN KEPEGAWAIAN, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KABUPATEN BENGKALIS

Bengkalis, Riau, Indonesia. 28751
  26 July 2020 | DIBACA : 4.214 KALI

BKN Sosialisasikan Penggunaan Aplikasi DOCUDigital

 Sekretariat | Id

BKPP – Dalam rangka peningkatan pelayanan publik dan  percepatan Reformasi Birokrasi, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menggelar pelatihan teknis penggunaan aplikasi DOCUDigital kepada seluruh Instansi yang mengurusi masalah kepegawaian di tingkat Pusat dan Daerah melalaui video conference. Pelatihan teknis ini dilaksanakan selama dua hari, dari tanggal 22 sampai dengan 23 Juli 2020.

Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian BKN Aris Windiyanto mengatakan, “hadirnya aplikasi DOCUDigital merupakan bagian dari percepatan pelayanan bidang kepegawaian dalam upaya peningkatan layanan mutasi kepegawaian, khususnya pada layanan kepangkatan dan pensiun ASN terutama di masa pandemi ini yang mengharuskan kita untuk meminimalisir proses layanan tatap muka”. 

Selanjutnya tambah Aris, dalam membangun aplikasi ini juga didukung oleh Kedeputian Bidang Sistem Informasi Kepegawaian ASN (Sinka) BKN. Layanan ini juga berbasis Less Paper  dengan penggunaan tanda tangan digital (Digital Signature).

DOCUDigital BKN merupakan aplikasi pendukung Sistem Aplikasi  Pelayanan Kepegawaian (SAPK) BKN yang berfungsi sebagai media untuk mengunggah dokumen digital dalam proses pengusulan layanan kepegawaian, seperti Kenaikan Pangkat PNS dan Pensiun PNS/Pejabat Negara, sehingga proses pengiriman dokumen dilakukan lebih cepat dan efisien. Terdapat lima kelebihan dari Aplikasi DOCUDigital BKN, diantaranya dokumen usulan terdigitalisasi sehingga mengurangi kemungkinan hilang atau terselip, DOCUDigital BKN sudah terorganisir dengan SAPK BKN, Alur aplikasi yang sederhana, dan proses dari penyelesaian berkas dapat diakses dan dimonitoring secara up to date, serta aplikasi ini bisa juga memberikan informasi pada notifikasi aplikasi jejaring sosial Whatsapp. 

DOCUDigital BKN merupakan aplikasi layanan mutasi kepegawaian terobosan dengan melakukan join development antara Kantor Regional XII BKN Pekanbaru dengan BKN Pusat melalui Kedeputian Bidang Sinka dan Kedeputian Bidang Mutasi Kepegawaian.

BKN akan melakukan proses layanan melalui Sistem Aplikasi  Pelayanan Kepegawaian (SAPK) dan aplikasi pendukung unggah dan unduh dokumen elektronik melalui http://docudigital.bkn.go.id. Untuk layanan kenaikan pangkat. Penggunaan DOCUDigital BKN akan dimulai 1 Oktober 2020, sementara untuk layanan Pensiun PNS, pejabat Negara, dan Janda/Duda, mulai usul masuk 1 Agustus 2020.*** (BKPP-Humas BKN).