BADAN KEPEGAWAIAN, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KABUPATEN BENGKALIS

Bengkalis, Riau, Indonesia. 28751
  18 December 2020 | DIBACA : 1.026 KALI

Rakornas Kepegawaian BKN Tahun 2020 Secara Virtual

 PKAIN | Id

Dalam rangka memperkuat konsolidasi dalam pembinaan Manajemen Kepegawaian dengan seluruh Pejabat Pembina Kepegawaian dan membangun komitmen bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian BKN Virtual Tahun 2020 pada hari Kamis 17 Desember 2020, dengan tema "Penerapan Digitalisasi Manajemen ASN di Era Adaptasi Kerja Baru".

Hadir pada acara rakor secara virtual tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis H. Bustami HY, Asisten Perekonomian Pembangunan Setda Kabupaten Bengkalis Heri Indra Putra, Asisten Administrasi Umum H. Tengku Zainuddin, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Bengkalis DJamaludin dan diikuti 20 orang PNS dari Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Bengkalis.

Secara serentak Rakornas ini juga diikuti Sekretaris Daerah Provinsi, Sekda Kabupaten/ Kota, Kepala BKPP/ BKPSDM dan sekitar 20.000 ASN seluruh Indonesia secara virtual.

Rapat Koordinasi Nasional ini dimulai dengan sambutan oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana dan sekaligus membuka secara langsung Rakornas Kepegawaian Tahun 2020. Kepala BKN Bima Haria Wibisana  menyampaikan dalam sambutannya bahwa Rakornas tahun 2020 ini merupakan tindak lanjut dari Rakornas tahun 2019 yang telah dilaksakanakan di Yogyakarta, dan Rakornas tahun ini adalah Rakornas pertama secara virtual semenjak pandemi Covid-19. Meskipun demikian situasi ini tidak mengurangi sedikitpun tekad dan semangat untuk tetap bekerja secara profesional, berintegritas, netral dan mampu berkinerja tinggi dalam menyelenggarakan pelayanan publik serta mampu menjalankan peran kita sebagai unsur perekat persatuan dan kesatuan bangsa. Kepala BKN juga menyampaikan harapan agar rakornas ini dapat menjadi wahana kerjasama dan sinergi seluruh korps pengelola kepegawaiaan untuk terus memelihara kesungguhan dan ketekunan, tekad serta kerja keras dalam pengelolaan kepegawaian.

Selanjutnya Wakil Presiden (Wapres) RI sekaligus Ketua Komite Pengarah Reformasi Birokrasi Nasional (KPRBN) Ma’ruf Amin turut bergabung secara virtual dari Sekretariat Wapres menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan Rakornas Kepegawaian BKN Tahun 2020.

Menurut Wakil Presiden, kegiatan ini dipandang sebagai bagian dari mekanisme koordinasi dan sinkronisasi dalam rangka pengembangan serta pembinaan ASN. “Tema yang diangkat dalam Rakornas Kepegawaian Tahun 2020 sangat sesuai untuk menjawab dua isu besar saat ini yaitu sebagai solusi terhadap perubahan tatanan kerja akibat pandemi Covid-19, serta sebagai solusi untuk menjawab dinamika kebutuhan pengelolaan SDM memasuki era revolusi industri 4.0,” ucap Wakil Presiden K.H Ma’ruf Amin.

Rakornas ini juga dihadiri secara langsung Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo sekaligus memberikan arahan dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) Tahun 2020.

Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan launching Sistem Informasi ASN (SI-ASN) yang diluncurkan secara resmi oleh Menteri PANRB Tjahjo Kumolo bersama dengan Kepala BKN Bima Haria Wibisana, Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara Agus Pramusinto, dan Deputi bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen.

Pembicara lain pada Rakornas adalah :

  1. Pambudi Sunarsihanto (HRD Blue Bird Group, Indonesia Chairman, ASEAN Human Development Organization Ketua Dewan Pakar, Ikatan Alumni Habibie) dengan mengangkat tema "Penerapan digitalisasi manajemen SDM di era adaptasi kerja baru";
  2. Direktur Utama PT. TASPEN (Persero) A.N.S Kosasih dengan tema "Layanan Program TASPEN" ;
  3. Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Andayani Budi Lestari dengan tema "BPJS Kesehatan Menghadapi Adaptasi Kebiasaan Baru";
  4. Komisioner Bidang Pengerahan Dana Tapera/ Tabungan Perumahan Rakyat BP TAPERA Eko Ariantoro yang menjelaskan tentang visi dan tujuan TAPERA.

Dokumentasi Rakornas Badan Kepegawaian Negara tahun 2020 ini juga bisa dilihat pada tautan dibawah ini. (id)

https://www.youtube.com/watch?v=04jptC9_EuY